MuslimPro, Aplikasi Pengingat Sholat, Alquran, Imsakiah, Paket Komplit!

Wah, tidak terasa kita bertemu kembali di bulan suci Ramadan , Alhamdulillah.

Pada post kali ini, Dedi ingin membagikan sebuah aplikasi yang cocok anda gunakan di bulan Ramadan seperti ini, aplikasi itu adalah MuslimPro. MuslimPro ini menurut saya adalah aplikasi paket komplit untuk membantu anda meningkatkan ibadat anda karena di dalamnya terdapat Alquran digital, jadwal sholat, pengingat sholat, alarm adzan, dan sebagainya. Komplit pokokna mah.

Aplikasi ini adalah freeware yang didalamnya terdapat banyak fitur. Namun, pengembangnya juga menawarkan versi premium yang dapat anda upgrade didalam aplikasi tersebut (in-app purchases). Aplikasi MuslimPro tersedia di Android maupun iOS. Apa saja fitur yang ada di dalamnya? Mari kita ulas satu per satu.

Ulasan Aplikasi MuslimPro

  • Aplikasi Alquran Digital
Aplikasi MuslimPro

Alquran digital menjadi sajian utama dalam aplikasi ini. Banyak sekali fitur-fitur yang akan membantu anda nyaman ketika membaca Alquran digital di aplikasi ini. Salah satu fitur favorit saya adalah penampilan surat secara utuh. Artinya, tampilannya mirip di mushaf Alquran asli, langsung satu muka. Ada pula pengaturan huruf, kecerahan, terjemah, tulisan latin, menyimpan riwayat baca terakhir dan sebagainya. Banyak sekali pokoknya.

  • Pengingat Waktu Sholat

Bagi anak indekos seperti saya, kadang suara adzan di masjid sering tidak terdengar. Karena memang jauh, dan ramainya suara-suara kendaraan yang lewat. Nah, ini menjadi solusi jitu bagi saya. Saya bias memasang alarm sholat untuk mengingatkan saya apakah sudah masuk waktunya atau belum. Anda dapat mengatur pilihan adzan, mau Makkah atau Madinah, dan lain-lain. oh ya, jangan takut menggunakan fitur ini karena anda dapat mematikan suara adzan-nya. Kadang nggak enak juga kan ketika lagi kuliah terus HP anda bunyi, hehe. Satu lagi, waktu adzan (jadwal sholat) pada aplikasi MuslimPro ini sesuai dengan jadwal imsakiah KEMENAG setempat kok, jadi aman.

Aplikasi MuslimPro
  • Petunjuk Arah Kiblat

Jika anda sedang pergi suatu tempat dan bingung dengan arah kiblat, anda dapat menggunakan aplikasi MuslimPro untuk bantuan menunjukkan arah kiblat anda. Kadang saya pun pakai aplikasi ini kalua di tempat-tempat baru.

  • Inspirasi Harian

Di dalam fitur ini setiap hari akan memunculkan quote-quote islami dalam bentuk gambar yang bias anda capture, lalu upload di status WhatsApp anda, hehehe. Selain sebagai pengingat diri, boleh juga kan dibagikan ke orang lain juga.

  • Kalender Hijriyah

Kalau bulan Ramadan seperti saat ini mah suka lupa puasa ke berapa, sekarang Ramadan tanggal berapa… maka anda dapat menggunakan kalender ini. Kalender mainstream bawaan HP kan nggak ada penanggalan hijriyahnya rata-rata.

  • Doa-Doa Harian

Selain Alquran lengkap 30 juz beserta terjemahnya, dalam aplikasi ini juga terdapat doa-doa harian yang dapat anda gunakan. Kalua dulu harus bawa buku saku kecil gitu, sekarang sudah ada solusi lainnya, yakni di aplikasi MuslimPro ini.

Selain enam fitur diatas, ada apalagi?

Kalua dibahas satu-satu tidak aka nada habisnya kawan, post ini bakal panjang banget, hehehe.

  • Pelacak Pibadi: Membantu anda untuk mengontrol ibadah. Misal, hari ini puasa apa tidak? Nanti anda bisa check-list.
  • Berita dan Media: Berisi artikel-artikel islami. Lumayan untuk bacaan ngabubu-read.
  • Komunitas: Tanya jawab interaktif. Tapi anda harus menyelesaikan semacam misi gitu. Tetapi misinya berfaedah sekali kawan, hehehe.
  • Tempat Halal dan Masjid: sama seperti di Google Maps, aplikasi MuslimPro dapat menunjukkan masjid di sekitar anda.
  • Haji dan Umroh: berisi materi-materi haji dan umroh dari segi teori maupun praktek.
  • Kalkulator Zakat: jika anda bingung perhitungan zakat mal anda, anda dapat menggunakan aplikasi ini.
  • 99 Nama: menampilkan 99 asmaul husna Allah lengkap dengan audionya.
  • Live Makkah: fitur satu ini favorit nenek saya nih yang suka lihat live stream di Masjidil Haram.

Selain itu, terdapat audio pada Alquran di aplikasi MuslimPro ini. Anda pun dapat memilih siapa reciter Alquran yang anda sukai. Anda dapat menemukan aplikasi ini di Play Store untuk Android, dan di App Store untuk Perangkat iOS.

Jadi itulah ulasan mengenai aplikasi paket komplit ini, MuslimPro. Penilaian saya 8/10 lah untuk aplikasi ini. Memang untuk di versi gratis terdapat iklan, tapi tidak begitu mengganggu kok. Toh iklan tersebut akan masuk ke pengembangnya, guna meningkatkan terus fitur di aplikasi ini. Maharhaban ya Ramadan. Selamat menjalankan ibadah

Bagikan melalui:

Add Comment