Cara Melacak HP Android Melalui Akun Gmail

Jadi kemarin teman saya menghubungi saya melalui nomor barunya, dia bilang kepada saya kalau dia kehilangan HP androidnya. Saya pun langsung melacaknya.

Melacak perangkat ketika mengalami kehilangan adalah hal pertama yang sebaiknya anda lakukan. Karena dengan begitu, anda bisa mengetahui posisi perangkat secara real time atau saat itu juga.

Sebenarnya ada beberapa cara untuk melacak HP android, namun pada kesempatan kali ini saya akan berbagi kepada anda cara melacak HP android melalui akun Gmail anda.

Cara Melacak HP Android

melacak HP android

Dalam melakukan pelacakan, anda membutuhan perangkat lain baik itu handphone ataupun laptop. Pastikan sudah terkoneksi dengan internet ya.

Sebelum kita lanjut, HP android yang akan anda lacak harus terhubung dengan internet. Jika tidak, ya bisa saja, namun pelacakannya tidak bisa secara real time melainkan menampilkan posisi terakhir ketika HP anda terhubung internet saat itu.

Kita masuk tutorialnya.

Pertama, buka Android Find Device di alamat https://www.google.com/android/find. Google Find Device merupakan layanan yang disediakan langsung oleh Google untuk pengguna android yang mengalami masalah dengan HP-nya. Seperti kehilangan, dan sebagainya.

Kedua, masukkan email Google (Gmail) anda. Kemudian, layanan tersebut akan menampilkan posisi perangkat anda.

Disana akan terlihat posisi HP android yang kamu lacak.

Selain fungsi itu, pada layanan ini juga terdapat fitur memutar suara pada HP android anda. Misalnya ketika anda sedang lupa menaruh mana HP anda, dan sebagainya. Saya lumayan sering memakai fitur ini, selain dengan menelpon menggunakan HP lainnya.

Fitur selanjutnya adalah mengamankan perangkat. Jadi ketika anda mengaktifkan fitur ini, HP android anda bakal dikunci. Selain itu, kamu juga bisa menampilkan pesan di layar seperti himbauan untuk mengembalikan HP anda yang hilang. Anda juga bisa menampilkan nomor handphone anda loh di layar.

Jadi setidaknya ketika ada orang baik yang menemukan HP anda, orang itu bisa mempunyai petunjuk tentang pemilik perangkat.

Fitur terakhir dalah menghapus perangkat anda. Bagaimana maksudnya? Jadi ketika anda kehilangan HP android anda dan posisinya tidak terjangkau oleh anda, maka anda bisa menggunakan fitur ini. Menggunakan fitur ini sama dengan anda mengikhlaskan HP anda.

Nantinya, semua data yang ada di HP anda akan hilang. Jadi jika anda memiliki berkas yang sifatnya rahasia sekali, anda bisa menggunakan fitur ini.

Sekian dari saya. Jika anda masih bingung dengan cara melacak HP Android ini, anda bisa menuliskan pertanyaan anda di kolom komentar dibawah. Terima kasih

Add Comment