Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Daerah (Perpusda)

Salam Pelajar – Jumat tanggal 29 Juli lalu saya bersama tiga teman saya melakukan perjalanan ke Perpustakaan Daerah (Pusda) di daerah Jepara guna untuk meminjam buku. Awalnya saya masih nggak tahu sama sekali bagaimana cara meminjam buku disana.

Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Daerah
Ini pas saya berkunjung PERPUSDA JEPARA

Untuk menjawab rasa pertanyaan saya akhirnya saya bertanya kepada petugas perpustakaan didaerah saya bagaimana caranya. Akhirnya, saya mendapatkan informasi yang jelas.

Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Daerah (PusDa)

Pertama mintalah formulir pendaftaran kepada petugas perpustakaan di sekolah atau kampus kamu. Jika pihak perpustakaan tidak menyediakan formulir, kamu bisa mencari web dari perpustakaan daerah kamu untuk mendownload formulir tersebut. Hampir semua PusDa menyediakannya. Untuk masyarakat wilayah kab. Jepara bisa mengunduh formulir di disini

Setelah mendapatkan formulir pendaftaran, kamu bisa mengisi kolom-kolom yang ada. Usahakan untuk mengisi dengan lengkap dan menggunaka data riil agar ketika ada apa-apa pihak Pusda daerah kamu bisa menghubungi kamu.

Jangan lupa juga untuk membawa pas foto 3 x 4 atau sesuai keterangan yang ada di formulir tadi.

Ada sebuah pengalaman nih, ketika saya bersama teman-teman saya ke perpustakaan daerah Jepara mereka tidak membawa pas foto. Al hasil, mereka pun harus mencari tukang foto disekitar pusda. Apa yang mereka dapatkan, mereka malah di “tengkik” dengan harga yang berlipat-lipat. Kurang ajar memang 😀

Sesudah semua terisi dan lengkap, jangan lupa untuk meminta pengesahan formulir. Untuk pelajar bisa meminta tanda tangan kepada petugas perpustakaan atau kepada TU. Untuk masyarakat umum bisa meminta pengesahan kepada RT/RW setempat.

Setelah itu carilah hari untuk berangkat ke sana.

Ketika sudah sampai disana, masuklah ke perpustakaannya. Jika tidak tahu dimana letaknya, kamu bisa bertanya ke pegawai yang ada kantor perpustakaan tesebut.

Ketika masuk, kita akan disuruh untuk mengisi data dengan mengklik jenjang kita. Sesuaikan saja SMA, SMP, SD apa UMUM. Biasanya pendataan tersebut menggunkan komputer. Sesudah itu, kamu akan di beri kunci loker oleh petugas yang ada disana.

Buat kamu yang belum mempunyai kartunya, silakan bilang kepada petugas yang menjaga mau membuat kartu perpustakan maka nanti kamu akan dilayani. Serahkan formulir yang sudah kamu isi tadi dan petugas tadi akan memeriksa data yang ada.

Ketika data sudah siap, maka kamu akan di giring ke sebuah ruangan guna mengambil foto untuk kartu perpustakaan nanti. Tunggu sebentar dan kartu sudah jadi. Pendaftaran ini tidak dipungut biaya sepeser pun 😀

Cara Meminjam Buku di Perpustakaan Daerah
Kartu PerpusDa Saya 😀

Setelah kartu jadi, kamu bisa mencari buku dan meminjamnya. Biasanya perpustakaan daerah memberi batasan maksimal 2 buku yang kamu pinjam dengan masa 2 minggu.

Gimana, mudah bukan untuk meminjam buku di perpustakaan daerah. Sering-seringlah kesana karena ada Wi-finya, eh ada banyak bukunya hehe. Begitulah cara meminjam buku di perpustakaan daerah, selamat membaca.

Bagikan melalui:

Add Comment