Cara Mudah Membuat Video Timelapse di Android

Video timelapse merupakan video yang menggambarkan perubahaan keadaan objek secara cepat. Misalnya, ketika matahari terbenam, dsb. Di beberapa smartphone Android keluaran terbaru, fitur ini sudah ada di dalam aplikasi kamera bawaan seperti contohnya Asus, dan Xiaomi yang pernah saya pakai dulu. Namun ya pasti di beberapa smartphone ada yang belum mempunyai fitur bawaan timelapse di Android mereka.

Oleh karena itu, pada artikel ini, saya akan memberikan tutorial bagaimana cara membuat video timelapse di Android beserta rekomendasi aplikasi yang paling baik versi DEDISTYAWAN.com pastinya.

Cara Membuat Video Timelapse di Android

Pertama yang harus Anda lakukan adalah download aplikasi timelapse terlebih dahulu pastinya. Nama aplikasinya adalah Framelapse buatan Neximo Labs. Anda bisa mencarinya di Google Play Store atau langsung copy paste saja tautannya dibawah ini.

https://play.google.com/store/apps/details?id=com.Nishant.Singh.DroidTimelapse&hl=in

Di Play Store, aplikasi ini telah mendapatkan download satu juta lebih. Ada dua versi disini, versi gratis dan pro. Anda harus membayar sebesar 40.000 ribu rupiah untuk versi pro-nya. Namun memakai versi gratis saja sudah cukup menurut saya.

Langsung saja, setelah aplikasi sudah Anda download, buka aplikasi tersebut. Berikut cara penggunaannya.

Ketika anda buka aplikasinya untuk pertama kali, maka pengaturan dari developer sudah otomatis di angka yang relatif normal dan siap pakai. Namun untuk mendapatkan hasil video timelapse di android yang lebih baik, anda bisa mengatur pengaturan videonya.

Di area kiri terdapat 5 fitur yang bisa anda konfigurasi.

Cara Mudah Membuat Video Timelapse di Android

Pertama, adalah tombol untuk melihat atau menonton video terakhir yang anda rekam, atau bisa juga menuju galeri video anda.

Kedua, ikon HQ berfungsi untuk mengatur resolusi video, rotasi, dan juga bitrate.

Ketiga, frame interval. Secara gampang fitur ini untuk mengatur seberapa cepat selang waktu video timelapse yang kamu buat di smartphone andoidmu.

Keempat, adalah video duration. Dimana anda bisa mengatur durasi video yang ingin anda rekam. Jika tidak ingin dibatasi, pilih saja bagian atas, infinite.

Kelima, ikon kamera. Disana ada beberapa pengaturan yang bisa anda sesuaikan. Mulai dari timer sebelum memulai pengambilan gambar, auto focus, white balance, filter effect, dan exposure.

Jika sudah dikonfigurasi atau diset, maka settingan anda akan muncul di pojok kanan atas. Dibawahnya, ada tombol shutter yang berfungsi untuk memulai atau mengakhiri perekaman video timelapse di android kamu, dan bagian pojok kiri bawah adalah  beberapa pengaturan umum seperti suara kamera, untuk pindah ke kamera depan atau sebaliknya.

Jika kita klik options pada titik tiga yang ada di pojok kiri bawah tadi, maka anda akan menemukan tombol options yang mana disana ada beberapa pengaturan yang bisa dibilang tak kalah penting. Kamu bisa mengaktifkan peningkatan peforma, zoom, pengaturan penyimanan dan masih banyak lagi.

Kesimpulan

Semua smartphone android sebenarnya sudah bisa untuk melakukan video timelapse. Namun dibeberapa seri smartphone lama tidak disertakan fitur bawaan dari developernya. Oleh karena itu, Dedi merekomendasikan aplikasi Framelapse ini karena gratis dan banyak fitur yang tidak bisa kita jumpai di kamera bawaan kita.

Selain itu, jika anda merasa kurang dengan versi aplikasi yang gratis ini, membeli aplikasi Framelapse versi pro di Google Android. Menurut Dedi, versi gratis ini sudah enak dipakai kok, walaupun terkadang ada iklan yang muncul. Tapi it’s okay, iklannya tidak begitu mengganggu dan masih wajar.

Hasil videonya bisa dilihat di video Instagram Dedi yang berikut ini:

A post shared by Dedi Styawan (@dedistyawan_) on

Sekian dan terima kasih. Salam dari Dedi.

Add Comment